30 Januari 2013

KHASIYAT BASMALAH

Yang dimaksud dengan Basmalah adalah :



BISMILLAAHIR RAHMAANIR RAHIIMI.

Artinya: "Dengan menyebut Asma Allah yang Maha pengasih lagi maha Penyayang".

KEUTAMAAN BASMALAH
Kita semua maklum dan mengetahui, bahwa Basmalah merpakan pembuka dari setiap surat yang ada dalam Al-Qur`an, hal ini menunjukan betapa pentingnya Basmalah itu dibaca setiap akan memulai sesuatu. Nabi sendiri bersabda dalam Hadistnya :

Kullu amrin dzii baalin laa yubda-u fiihi bibismillaahir rohmaanir rohiimi fahuwa aqtho`u

Artinya : "setiap amal perbuatan yang baik, namul tidak dimulai dengan (membaca) "bismilaahir rohmanir rohiimi" maka pekerjaan itu akan terputus (dari rahmat Allah)". (HR . Ibnu Hibban).

Hadist tersebut diatas menunjukan ( memberi anjuran) kepada kita, agar setiap memulai pekerjaan yang baik, baik pekerjaan tersebut kecil, apalagi yang besar, hendaknya dimulai dengan membaca " basmallah". agar supay pekerjaan itu mendapat berkah dan ridha dari Allah. Disamping itu secara psikologis, sangat baik bagi yang membacanya, karena dapat mempertebal keyakinan akan ke Maha Pengasih dan pemurah Allah, sedang bagi yang mendengarkannya juga akan mendatangkan kemantapan.
     Diceritakan ada seorang wanita sholihah yang mempunyai suami fasiq. Setiap memulai pekerjaan sang istri selalu membaca Basmallah, Rupanya sang suami selalu memperhatikan ucapan istrinya. Betapa bencinya sang suami terhadap kebiasaan istrinya yang baik tersebut, Niat jahat jahat suami untuk mempermalukan istrinya timbul, disusunlah rencan busuk itu, disuruhlah istri untuk mengambilkan guci antiknya, yang sebelumnya memang disimpan dikamarnya. Namun tanpa sepengetahuan istri untuk, guci kesayangnnya dibuang kesumur, ternyata Allah mengasihani hambanya yang baik dan ikhlas, tanpa ragu sang istri masuk kedalam kamar untuk mengambil guci anti kesayangan suaminya, dengan tanpa menemui kejanggalan sedikitpun sang istri berhasil mendapatkan guci yang dimaksudkan. Merah padam raut muka suami menahan rasa malu pada diri sendiri. maksud hati mempermalukan istri, namun apa daya diri sendiri yang terkena batunya. akhirnya sang suami insyaf dan mengikuti jejak istrinya. Oleh karena itu amalkanlah tlisan ini dengan penuh keikhlasan hati,.
itulah sekelumit cerita mengenai keutamaan bacaan "Basmalah" yang seharusnya perlu kita ketahui, dan masih banyak lagi keutamaan dan khasiat " Basmallah", diantaranya  :

1. Menghilangkan gangguan syetan.

   Baalah  " Bismillaahir rohmanir rohiimi" sebanyak  21 kali, setiap menjelang tidur, dan usahakan tidak        
   berkata sepatah katapun setelah membaca Basmallah sampai trlelap tidur, Insya Alla aman dari gangguan 
   syetan malam itu, aman dari pencurian dan terhindar dari mati mendadak juga bencana.

2. Menghindari rasa benci. 

Tlislah " Basmallah" sebanyak 113X pada secarik kertas atau kain putih, tepat pada awal bulan Muharrom (tgl 1 Syuro). Lalu tulisan tersebut dibawa kemana saja pergi Insya Allah pembawa tulisan tadi terhindar dari kebencian orang lain, juga dimudahkan segala urusan.

Dan masih banyak lagi  khasiyat Basmallah .
bersambung...........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar